KOMPAS (Komunitas Peduli Asi) dan KOMPAK (Komunitas Masyarakat Peduli Akan Keluarga Berencana)


 2020-03-13 |  Root

Kweden, Rabu (11-03-2020) Pengetahuan mengenai pemberian ASI eksklusif pada bayi sangat penting diketahui oleh para ibu. ASI eksklusif merupakan pemberian ASI kepada bayi hingga usia 6 bulan. Pada periode ini, bayi cukup diberi ASI saja tanpa tambahan makanan apa pun termasuk air putih. Bayi memiliki ukuran lambung yang kecil sehingga pemberian ASI  sudah mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. '

Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Komposisinya pun lebih mudah dicerna bandingkan dengan susu formula. 

Namun pada kenyataannya masih banyak ibu yang sudah memberikan makanan pendamping ke bayi pada saat periode ASI eksklusif. Hal ini juga terjadi di desa kweden, Kecamatan Ngetos,. Di daerah pedesaan, bayi bahkan telah diberi makanan seperti pisang yang dicampur dengan nasi dan dilumatkan. 

menurut Komunitas Masyarakat Peduli Akan Keluarga Berencana, memberikan pemahaman tentang MKJP (Metode kontasepsi Jangka Panjang)

Edukasi mengenai pentingnya pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan MKJP telah digencarkan oleh pihak desa bersama komunitas peduli asi dan komunitas masyarakat peduli akan keluarga berencana melalui posyandu sakura dusun pandansili desa kweden kecamatan ngetos.